Selasa, 22 Oktober 2019

Jadi Akunting !


Rasanya Jadi Admin, Cie Ngantor!! || libur kuliah cari rupiah||

Hola, welcome to the new article
            Hai, hai, hai, Riris baru nongol lagi nih, semoga kalian tidak bosan ya dengan bacotan-bacotan Riris (wkwkwk). Okey, sesuai judulnya Riris mau share pengalaman nih bagaimana rasanya menjadi seorang admin. Well, nggak kebayang sih sebelumnya karena Riris apply job untuk menjadi seorang pramuniaga/front liner, eh malah diterima jadi admin (sombong dikit, ahahaha).

Gimana awalnya ?
            Sebenarnya Riris sudah punya plan buat kerja dari jauh-jauh hari sebelum libur kuliah, Riris pengen sesuatu yang baru, pengen produce something, rebahan mulu di kamar itu nggak enak :v. Motivasi utamanya sih pengen dapet uang buat bayar kuliah, malu dong minta mulu sama orangtua L. Oke plan pertama Riris ingin bekerja di tempat yang jauh, terpikirkanlah nama ‘kalimantan’, waduh kok jauh banget?. First, Riris suka environment yang baru, pengen survive, kedua Riris punya saudara disana, jadi setidaknya nggak bakal bikin orangtua over worried. Tapi yha, akhirnya nggak jadi (wkwk). Oke Riris mengubah haluan, terpikirkanlah nama ‘Bandung’, sampai udah search loker dan home stay dimana, namun akhirnya nggak jadi juga.Then jodoh nggak kemana, finally Riris dapet kerjaan sekitar daerah Cikijing lebih tepatnya di perusahaan CV Jan*n. Riris apply surat lamaran, kemudian tes matematika, then interview langsung sama si bos nya. Finally, 3 hari kemudian Riris dapat pesan kalau Riris diterima kerja disana sebagai seorang admin. Wow, Riris diminta buat masuk kerja pada hari senin nya.

Cie ngantor !


            Admin?, Riris mikirnya ini kerjaan pasti nggak bakal jauh dari urusan marketing such as iklan gituh, secara CV Jan*n role nya di commerce. Tapi pas dapet arahan, ternyata bukan. Jobdes Riris adalah input data, ketika  si seller kirim barang, Riris menginputnya dengan teliti, kemudian membuat bandrol sampai si barang itu terpajang  aman di etalase, then Riris juga ngurusin pajak CV. Damn! Berasa jadi akunting beneran.
Bulan pertama berlalu, pekerjaan terasa menyenangkan. Suasana kerja yang nyaman meskipun sebenarnya under pressure banget, tapi alhamdulillah hambatan kecil bisa dilalui (wkwkwk). Capek sih sebenarnya, karena waktunya yang sedikit gila. Bayangkan, Riris kerja dari pukul 07.00 – 20.00 (13 jam). Nggak heran jika banyak pegawai yang resign gara-gara waktunya yang ubnormal sementara gaji yang didapat nggak sebarapa besar. Gilak sih, over. But kalau Riris dibawa nyantuy aja, niatkan kerja karena Allah, toh kerja disana juga selama libur kuliah doang.

Namanya juga orang cantik!
             Ada kejadian menarik ketika Riris kerja, aduduh bikin geli sih. Jadi ceritanya Riris punya partner kerja yang cantik dari Ciamis. Namanya Leli, dia tinggi, putih dan of course memenuhi standar kecantikan wanita Indonesia (hehe). Well, tiap jam makan siang kami suka pergi keluar buat beli makanan, biasanya kami beli nasi padang yang lokasinya nggak jauh dari tempat kerja. Nah lucunya si uda (panggilan untuk  ‘mas/mang’), si penjual nasi padang suka ngasih harga miring kedia, beda halnya kalau ke aku atau yang ke yang lain (wkwkwk), that’s why kalau beli nasi padang aku suka nitip aja. “Li, aku tunggu disini. Kamu aja yang beli nasi padang ya, aku nitip 1 biar dapet harga diskon kayak kamu, ahahaha”.  Lumayan lah, uang buat beli nasi bisa cukup untuk beli es kelapa juga, ahahaha. Cerdik sih gue.

Skot Jam sampai harus potong gaji !
Orang mungkin akan mengira kerjaan Riris nggak ‘ripuh-ripuh’ banget, toh kerja cuma input data doang. But ternyata nggak segampang itu, tanggung jawabnya lumayan Bu. Kalau salah mencantumkan harga, kita yang harus ganti kerugian. Orang lain yang salah kita juga yang kena marah, secara bahasa kasarnya, “Itu masih ranah tanggung jawab lu, oke mereka salah ya terus kenapa lu nggak recheck?”.  Nyengir deh.Well,  kerja nggak selalu sesuai ekspetasi, ada ‘bantet extra pedas nya juga’ (wkwk jadi promosi). Riris pernah dihukum skot jam, hanya karena barang telat dipajang. Ya mau dipajang bagaimana?,  itu barang datangnya malam sementara orang-orang yang majang juga udah pada pulang.Well, Riris nanya ke kepala toko katanya simpan saja dulu, yaudah lah ya Riris simpan dulu di gudang. Eh taunya urusan jadi berabe. Selain pernah dihukum skot jam, Riris juga ngalamin yang namanya potong gaji. Well, jadi ceritanya ada yang salah mencantumkan harga, harga jual ternyata lebih rendah dari harga modalsi toko pun mengalami kerugian. Well, Riris lah yang kena, Riris bertanggung jawab atas semua kecerobohan karena menyepelekan yang namanya recheck. Well, kena potong gaji deh. YaAllah gaji nggak seberapa masa iya harus dipotong :(. Mati deh gue!.

Something that you get



            Good impact banget kerja itu, bukan sekadar soal duit atau pengalaman. But also that can shape your personality, really ?.  Alhamdulillah dengan bekerja Riris menjadi lebih teliti, kritis dan terbuka. Semua proses yang Riris lalui di dunia kerja pada akhirnya nge shape kepribadian Riris menjadi lebih matang.  Well, Riris juga nggak pernah menyesal untuk setiap kesalahan yang dilakukan, cause I can learn and get something from that. Experience is the best teacher.

Gracias !!
Thankyou sudah mampir, hehe. Semoga bermanfaat. 
Finding Dori on ;
Instagram         :          https://www.instagram.com/rina_risnawatii_/?hl=id

4 komentar:

  1. squat jump is the best experience hahha enak toh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Lebih tepatnya potong gaji is the best experience .. wkwkwkwk

      Hapus
  2. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus