Minggu, 19 Agustus 2018

Iri ? Oalah Tanda Kualitas Diri Rendah


Iri ? Sebuah Tanda Rendahnya Diri

Holla ! Assalamualaikum,
In this writing, gue ingin basa-basi mengenai sebuah penyakit hati, sebuah penyakit yang amat menyiksa pemiliknya, sebuah sikap dan perasaan tidak senang ketika melihat orang lain memperoleh suatu kenikmatan. Yep .. it is called as “iri”.
Saat SMA gue pernah dilanda penyakit ini, Astagfirullah ...  . Saat itu gue merasa nggak suka terhadap temen deket sendiri,  gue merasa benci saat dia punya pacar, gue juga nggak suka saat dia punya netbook baru, dan hal lain yang dia punya. Kebencian itu membuat gue jadi jauh sama dia,  gue merasa nggak senang aja kalo ada dia, oleh karenanya gue suka menghindar, berusaha mencari jalan lain (saat lewat)  dengan harapan nggak ketemu dia, gue juga suka pura-pura nggak lihat, padahal sebenarnya dia nggak jauh dari gue. Astagfirullah ..  begitu mengerikannya diri gue kala itu, begitu rendahnya iman gue. Sampai sekarang gue selalu merasa bersalah sama dia, gue membuat suatu persahabatan lebur tak bersisa hanya karena sebuah perasaan iri.
Sekarang gue sadar,  rasa iri hanya akan menghancurkan apa yang gue punya, merampas kebahagian, membuat hidup terasa sesak dan sempit karena selalu membandingkan diri dengan orang lain. Semua yang gue alami dulu membuat gue semakin pandai bersyukur, gue semakin mencintai apa yang gue punya. Karena gue sadar apa yang Allah kasih ke gue belum tentu Allah kasih ke orang lain, dan apa yang Allah kasih kepada orang lain, belum tentu juga Allah kasih ke gue, maka kuncinya adalah bersyukur”.
“Bersyukur”
Yep, bersyukur adalah kunci kebahagiaan, bersyukur atas nikmat yang  telah Allah beri akan menjauhkan  ki ta dari perasaan iri. Bersyukurlah maka Allah akan menambah nikmat Nya kepada kita, itu janji Allah. QS. Ibrahim ayat 7 :


 لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".
Begitulah janji Allah, sudah sangat jelas. Dengan bersyukur, nikmat kita akan bertambah berkah. So, ucapkan Alhamdulillah , Alhamdulillah untuk kehidupan yang indah, Alhamdulllah untuk nafas yang masih dapat kita hembuskan.


فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Orang pada iri? Apa sikap Gue?

”Iri adalah tanda tak mampu”, that sentence is so simple but it is so clear dan memang benar. Gue dulu iri sama orang, ya tentu karena gue merasa nggak mampu seperti dia.  Itulah hakikat orang yang iri, iri karena nggak mampu. Orang iri sama kita? It means level kita lebih dari dia (hakikatnya begitu).  
Saat kita maju, maka disana akan ada orang-orang yang bangga namun tak sedikit juga orang yang tidak suka.  Bersyukurlah saat orang iri sama kita, cause it means we better than them. Penonton memang hanya bisa berkomentar, it’s so simple.
 Saat orang iri sama gue, gue malah ingin membuat dia semakin iri (tanpa gue harus sombong). It means, saat orang lain iri sama apa yang gue capai, gue semakin ingin membuktikan bahwa gue bisa lebih dari apa yang mereka lihat. Rasa iri orang lain, membuat gue termotivasi untuk mencapai sesuatu yang lebih. Then, gimana gue menyikapinya ?, gue semakin mawas diri aja, karena something wrong mungkin terjadi tanpa gue sadari, semakin banyak berdo’a dan juga gue selalu bilang pada diri sendiri, bahwa mereka iri pada orang yang salah (itu salah satu cara agar tetap tawadhu).

Kutipan

“Apa yang Allah berikan kepadamu belum tentu Allah memberikannya kepada orang lain.
Dan apa yang Allah beri kepada orang lain, belum tentu diberikan kepadamu.
Maka kuncinya adalah Bersyukur.”

^Tulisan ini dibuat hanya untuk selfreminder^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar